Kertas telah menjadi bahan kemasan yang populer dalam industri makanan dan minuman. Namun, tidak semua jenis kertas aman untuk digunakan sebagai bahan pembungkus makanan. Beberapa jenis kertas mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat berpindah ke makanan dan berpotensi merusak kesehatan manusia.

Bahan Kertas yang tidak aman untuk Membungkus sebuah Makanan

Dalam artikel ini, kami akan membahas jenis-jenis kertas yang tidak aman untuk membungkus makanan. Tidak perlu tunggu lebih lama lagi, mari langsung saja kita bahas bersama berikut penjelasannya.

  1. Kertas Waxed

Kertas waxed atau kertas lilin digunakan untuk membungkus makanan karena sifatnya yang tahan air dan lembab. Namun, kertas ini mengandung lapisan lilin yang dapat meleleh ketika terkena panas. Bahan kimia dalam lilin dapat bercampur dengan makanan dan mempengaruhi kesehatan manusia. Studi menunjukkan bahwa bahan kimia seperti bisfenol A (BPA) yang terkandung dalam lapisan lilin dapat berdampak buruk pada kesehatan, termasuk masalah reproduksi, kanker, dan masalah hormonal.

  1. Kertas Berlapis Polyethylene

Kertas berlapis polyethylene (PE) biasanya digunakan untuk membungkus makanan cepat saji seperti burger dan kentang goreng. Lapisan PE dapat membantu makanan tetap hangat dan lembab. Namun, lapisan PE ini dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia karena mengandung bahan kimia seperti formaldehida dan dioxin yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kanker.

  1. Kertas Berlapis Aluminium

Kertas berlapis aluminium biasanya digunakan untuk membungkus makanan dalam jumlah besar seperti nasi kotak atau roti yang dikemas dalam plastik. Namun, kertas berlapis aluminium mengandung zat aditif yang dapat merusak kesehatan seperti kadmium, timbal, dan merkuri. Bahan kimia ini dapat berpindah ke makanan dan menyebabkan keracunan logam berat pada manusia.

  1. Kertas Berwarna dan Kertas Corrugated

Kertas berwarna dan kertas corrugated sering digunakan untuk membungkus makanan seperti roti dan kue. Namun, kertas jenis ini mengandung pewarna buatan dan bahan kimia lainnya yang dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia. Beberapa bahan kimia seperti benzene dan formaldehida dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kanker.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan kertas waxed, kertas berlapis PE dan aluminium, serta kertas berwarna dan kertas corrugated sebagai bahan pembungkus makanan. Sebagai gantinya, gunakanlah kertas yang ramah lingkungan dan bebas bahan kimia berbahaya seperti kertas tisu atau kertas kraft yang belum dilapisi. Pastikan juga bahwa kertas yang digunakan bersertifikasi aman untuk digunakan sebagai bahan pembungkus makanan. Dengan menghindari penggunaan kertas yang tidak aman, kita dapat menjaga kesehatan kita dan menjaga lingkungan sekitar kita.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Nantikan informasi lainnya dari kami dan jangan lupa untuk kunjungi situs dari Produsen Jual Shopping Bag untuk mendapatkan berbagai macam promo menarik terkait kemasan Shopping Bag.